Pages

Wednesday, March 13, 2013

kunci mencari ilmu





siang ini aku Ingat pepatah arab (makhfudzat) yang dahulu pernah di ajarkan di pondok pesantren ku..
Ya akhi lan tanalal ilma illa bisttatin sa’umbika bi bayanin, daka’un wa khirsun, wa ijtihadun, wa dirhamun, washukbatul ustaadzi wa tuuluzzamani

wahai saudaraku engkau tidak bias sukses dalam mencari ilmu tanpa enam perkara ini, : kecerdasan, kemauan, kesungguhan, dana, berteman dengan para ahli ilmu dan waktu.

Keterangan:
Kecerdasan
AKAL sebagai modal manusia untuk digunakan berfikir. Ini menunjukkan syarat pertama sudah kita miliki bersama. So…tinggal syarat yang berikutnya!


Kemauan
Akal sudah kita miliki bersama, berarti sekarang tergantung kita?! Apakah kita punya keinginan untuk melangkah dalam mencari ilmu atau apakah kita sudah merasa cukup puas dengan keilmuan kita miliki?/Kita tidak berani untuk menuju suatu PERUBAHAN?Why……..?


Kesungguhan
“ Dan barang siapa yang bersungguh-sungguh maka Allah akan menunjukkan jalanNya”(Ankabut :69).

Manusia bisa memberikan janji tapi manusia juga bisa mengingkari janjnya. Tetapi jika Allah memiliki janji untuk ”hambaNya” maka Dia tidak akan sekali-kali mendholimi hambaNya.
Dana
Selain modal diatas kita juga memerlukan biaya berupa materi. Tetapi kita harus yakin bahwa rizki hanya berada ditangan Allah yang akan diberikan kepada seluruh hambaNya lebih-lebih lagi Allah akan memberikan kemudahan rizkiNya kepada penuntut ilmu.

Berteman dengan orang berilmu
Teman adalah sangat mempengaruhi! Seseorang yang tumbuh besar dalam lingkungan yang syarat dengan keilmuan, maka dia akan belajar dari lingkungan tersebut dan berusaha untuk menjadi bagian dari mereka, dan begitu sebaliknya!Sudahkah kita teman yang baik lagi berilmu???

Waktu
Menuntut ilmu adalah suatu proses. Dan proses ini adalah memerlukan waktu yang cukup untuk menjalaninya. Allah memberikan kenikmatan yang besar berupa waktu. Sudahkah kita menggunakan kenikmatan tersebut untuk mendekatkan diri kepada Allah atau sebaliknya?”Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan???”(Arrahman).  Terima kasih..

~Suripto~

No comments:

Post a Comment

Post a Comment